Saturday, December 2, 2017

TIPS DAN CARA DIVING UNTUK PEMULA

.


Sebelum saya menjelaskan tentang Tips dan cara diving, apakah kalian juga pernah berpikir untuk diving ? selam bagi yang masih pemula adalah sebagai berikut ini. Namun sebelum itu perlu diketahui apakah itu diving / selam. Pengertiannya yaitu seatu kegiatan di dalam air dapat berupa olahraga, penelitian, pekerjaan atau sekedar fun dan hunting foto

Hasil gambar untuk diving

Alat Dasar Penyelam
Agar anda dapat melakuka penyelaman anda harus menggunakan alat bantu yang bernama SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) yang jika diartikan kurang lebihnya peralatan untuk bernafas dalam air. Beberapa peralatan Scuba diantaranya:
1. Tabung                    : Digunakan untuk menyimpan oksigen
2. Regulator                : Selang untuk menyalurkan oksigen dari tabung ke hidung
3. Oktopus                  : Menyambungkan dari regulator ke mulut
4. Deep Gauges          : Alat pengukur kedalaman
5. Presure Gauges      : Alat untuk mengukur tekanan/kapasitas udara dalam tabung
6. BCD                        : Alat berbentuk rompi yang berguna untuk menempelkan tabung
  ke badan
7. Weight Belt              : Alat yang berupa besi dan sabuk untuk menambah berat kita
  supaya dapat tenggelam
8. Wetsuit                    : Berupa baju selam yang menutupi rapat tubuh kita
9. Masker                    : Untuk melihat dalam air
10. Fin                         : Alat bantu yang sering disebut kaki katak
Alat bantu tambahan diving:
1.    Dive Comp            : Alat otomatis mengatur dive time, kedalaman, suhu, agar tidak
  terkena penyakit penyelaman
2.    Pisau Selam          : Membantu memotong dalam air
3.    Senter                   : Penerangan saat night dive atau penyelaman gelap
4.    Sarung tangan      : Berguna untuk melindungi tangan, karena berguna
  untuk keseimbangan tubuh
5.    Hook                     : Alat untuk melindungi muka dari serangan biota laut
6.    Semprotan            : Digunakan untuk memanggil kapal atau teman bila dipermukaan
Cara Dasar Penyelaman untuk Pemula
Penyelam pemula memang merasakan yang ernah saya rasakan dulu, takut, senang, grogi, antara bisa dan tidak, malu-malu tapi mau. maka dari itu untuk memperkuat keinginan anda belajar tentang penyelaman perdana perlu diperhatikan beberapa teknik pengendalian diri berikut.

1. Tenang dan Yakin
Tenang dan yakin: Anda harus yakin bahwa anda bisa melakukannya, karena segala prosedur dan peralatan yang telah anda gunakan sudah terbukti aman untuk semua orang yang mengikutinya. Tenang adalah sikap yang paling utama dalam penyelaman perdana, anda tidak perlu khawatir jika terjadi apa2 didalam karena pastinya anda tidak akan dan jangan melakukan penyelaman sendiri (never dive alone). Ada teman / buddy yang selalu menemani anda, pastikan buddy anda yang sudah mahir dan memiliki sertifikat membawa orang.

2. Melakukan Prosdur Entry yang Benar:
Entry atau proses masuk ke air adalah proses dimana anda akan merasa sangat takut dan senang. Proses ini gampang-gampang susah, anda dapat melakukannya dengan beberapa cara yaitu memasang SCUBA dive di air atau melompat sambil sudah menggunakan Scuba di tubuh anda. Cara yang rekomended adalah memasang alat scuba di air segali masih pemula.

3. Ikuti Petunjuk yang di Berikan Insturktur
Seperti yang saya singgung diatas, anda pastinya akan dibantu oleh dive master sebagai pelatih anda. Ikutilah segala petunjuk dan aktifitas diving, Biasanya anda akan di brifing terlebih dahulu sebelum anda masuk ke dalam air. Lakukanlah sebaik dan setaat mungki agar anda dapat belajar tahap demi tahap sehingga mendapatkan kenyamanan dalam penyelaman.

4. Lakukan Pergerakan Tubuh yang Benar
Posisi badan akan sangat mempengaruhi penyelaman / bouyency / daya apung kita dalam air. Buat badan anda senyaman mungkin untuk melakukan pergerakan, tidak perlu terburu-buru karena tidak ada yang perlu diselesaikan dalam penyelaman pemula. Lakukan juga pergerakan tangan / kaki secara benar supaya dapat menghasilkan tenaga yang kuat.
Lakukan pergerakan sesimpel mungkin jangan yang aneh2. Biasanya anda akan disuruh berhenti dan mengecek segala peralatan setelah berada di perairan (kolam/laut).

5. Ekualising Saat Turun
Ekualising adalah tindakan menyesuaikan tekanan dalam kuping dengan bagian luar tubuh. Cara yang di bisa digunakan yaitu dengan menutup lubang hidung kemudian keluarkan udara lehat hidung dengan tangan masih memencet hidung anda. Atau bisa juga anda menelan ludah (ini biasanya dilakukan oleh yang sudah profesional) Untuk waktu ekualising lakukanlah sesering mungkin / jangan sampai terasa sakit baru anda ekualising. Sebisa mungkin jika anda masuk setiap 1 meter lakukanlah ekualising.

6. Jangan Merasa Takut dan Nikmati
Kegiata diving ini termasuk kegiatan yang mahal, jadi jika anda tidak dapat menikmati maka percuma saja anda membuang uang banyak untuk hal yang tidak anda nikmati. Selain itu memang kegiatan selam merupakan kegiatan yang menurut saya sangat nikmat dan nyaman karena berada dalam air dengan waktu yang cukup serta melihat pemandangan terumbu karang, ikan, biota lain secara langsung adalah pengalaman paling menarik dalam hidup.

7. Lulus Uji Sertifikasi
Sebelum melakukan penyelaman seharusnya anda lulus ujian sertifikasi selam dapat dilakukan di PADI, CMAS, atau lainnya. Disana anda akan diajarkan teknis menyelam dan yang lainnya.


0 comments:

Post a Comment